Minggu, 14 Februari 2010

Panduan Membuat Blog Wordpress

tips dasar, cara membuat wordpress, panduan membuat wordpress, cara daftar wordpress, wp

Apa anda ingin membuat blog dari worpress.com? terus Bagaimana cara memulai membuat blog
Wordpress ?
Aku yakin di luar sana ada
banyak artikel tentang belajar membuat wordpress, tutorial wordpress, panduan membuat blog di wordpress, dan sebagainya. Aku juga banyak belajar dari artikel-artikel tersebut ketika pertama kali tertarik membuat blog di Wordpress. Namun, aku juga merasa perlu membuat tutorial wordpress sendiri hasil pembelajaran di internet.
Tujuannya, selain sebagai arsip pembelajaran, aku juga ingin membantu teman-temanku yang baru bersentuhan dengan internet dan ingin membuat blog, agar dapat memperoleh panduan yang lengkap tentang bagaimana membuat blog di wordpress. Jika anda membutuhkan artikel semacam itu, silakan dilanjut bacanya, namun jika anda sudah bisa membuat blog, lewatkan saja bagian ini karena ini merupakan panduan dasar membuat blog wordpress bagi para pemula.
Jika anda belum punya blog Wordpress, silakan baca terus.
Namun, jika sudah punya, lewati saja bagian ini.

1. Mendaftar Wordpress.
Yang harus dipersiapkan adalah akun email. Saran saya, gunakan email dari Gmail. Selain kapasitasnya besar, daftarnya tidak ribet. Jika belum punya akun email Gmail, silakan buat dulu. Atau, jika anda lebih senang menggunakan email Yahoo! dan kebetulan belum punya akun email Yahoo!, silakan buat email Yahoo!.
Setelah mempunyai akun email, segera menuju ke alamat
wordpress.com/ dan klik tombol biru Signup. Sebelumnya tentukan anda lebih dulu mengatur bahasa yang akan digunakan.
Akan muncul form pendaftaran sebagai berikut di bawah ini.

tutorial wordpress, daftaR wordpress, wordpress.com, modif wordpress

2. Kemudian Isi username dan password yang anda kehendaki.
Ini berguna nantinya untuk masuk ke akun
Wordpress. isikan alamat email yang tadi telah kita siapkan. Beri tanda centang pada I have read and agree... dan tandai radio button Gimme a blog..

cara membuat blog di wordpress.com, panduan menggunakan wordpress, tips wordpress


3. Akun baru kita di Wordpress.com sudah jadi.
Akan muncul form lain untuk membuat blog sebagai berikut ini.

wordpress tutor, panduan ngeblog, trik wordpress, cara settin wordpress


4. Pilih nama domain kita. Biasanya sudah tercetak username.wordpress.com (username sesuai dengan user name yang kita pilih waktu
membuat akun wordpress.com.
Jika anda mau menggantinya, tulis saja sesuai keinginan anda. Setelah jadi, alamat blog anda ini (disebut juga domain) tidak bisa diganti, jadi pilih yang benar-benar sreg (lebih baik lagi jika anda mempersiapkannya sebelum mulai membuat blog).
Pada blog title, beri judul yang akan menjadi judul blog (bagian ini bisa anda ganti kelak jika memang tidak sreg, atau anda mau berganti topik blog). Pada bagian Language, pilih bahasa yang anda kehendaki dari menu dropdown. Beri tanda centang pada bagian privacy yang menandakan anda setuju dengan peraturan dari Wordpress.com dan tekan tombol signup.

tutorial wordpress, cara memaksimalkan blog wordpress, traffic wordpress, SEO, panduan, trik, tips

Jika nama yang anda pilih sebagai blog belum ada yang memakai, maka akan muncul keterangan untuk mengaktifkan akun blog anda.
Buka email yang tadi dipakai untuk mendaftar. Klik link yang disediakan untuk mengaktifkan blog anda.
Selamat, blog wordpress anda
sudah jadi. Anda bisa mulai login dengan menggunakan username dan password yang pertama kali kita buat tadi. Happy ngeblog.
Selamat mencoba

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP